Asal Usul Tepung Terigu

tepung terigu

tepung terigu

Tepung terigu merupakan salah satu bahan makanan pokok beberapa negara di dunia. Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, tepung terigu juga memiliki harga yang relatif terjangkau, proses pengolahannya pun termasuk praktis. Karena inilah tepung terigu banyak dijadikan sebagai bahan makan utama di berbagai penjuru dunia.

Ada kandungan yang dapat membedakan tepung terigu dengan tepung lainnya, yaitu Gluten. Pada tepung terigu, ada sebuah senyawa yang kenyal dan elastis, itulah yang dinamakan Gluten. Biasanya Gluten digunakan untuk pengembangan roti, membuat mie menjadi kenyal, dan diperlukan untuk membuat kulit martabak telur agar tidak mudah robek.

Kadar protein dalam tepung terigu biasanya ditentukan oleh tinggi kadar glutennya. Kadar gluten pada tepung terigu tersebut juga bergantung dari jenis gandumnya. Untuk pembuatan makanan, ketepatan penggunaan jenis tepung terigu harus sangat diperhatikan. Misalkan saja tepung terigu yang cocok untuk pembuatan roti dan mie adalah tepung yang mengandung protein 12-14%, kemudian kandungan protein 10.5-11.5% cocok untuk membuat biskuit ataupun donat. Dan tepung yang mengandung protein sekitar 8-9%, cocok untuk dipakai membuat gorengan ataupun cake.

Tepung yang berasal dari tanaman gandum ini sudah ditemukan di Irak sejak tahun 1948. Ditemukan di antara puing reruntuhan sebuah desa kuno yang diperkirakan sudah ada sejak 6.700 tahun SM. Dengan penemuan ini, banyak sejarawan yang menganggap bahwa tanaman gandung pada mulanya tumbuh di sekitar kawasan Mediterania, di sekitar Turki, Syria, India, dan juga Eropa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s