Melatih Perkembangan Otak, Panca Indera, dan Emosi Bayi melalui Pijatan

Manfaat Pijat Bayi

Manfaat Pijat Bayi

Manfaat pijat bayi ternyata adalah memiliki manfaat yang besar terhadap tumbuh – kembang bayi kelak. Sejumlah ahli kesehatan yang mengkhususkan diri terhadap bayi telah menyetujui berbagai manfaat yang diperoleh dari pijat bayi untuk perkembangan bayi dan kesehatan bayi. Sampai suatu ketika ada penelitian tentang pijatan bayi ternyata dapat juga memberikan manfaat bukan hanya bagi perkembangan fisik bayi tapi juga bermanfaat untuk perkembangan panca indera, otak dan emosi.
Berikut beberapa keuntungan yang dirasakan ketika pijat bayi dilakukan secara berkala:
Bagi indera penciuman
Dengan melakukan pijatan bayi secara teratur akan meningkatkan indera penciuman bayi terhadap segala bau – bauan yang ada di dekatnya. Manfaat pijat bayi ini disebabkan dengan penggunaan minyak khusus ketika pemijatan, gunakan baby oil yang tidak menyengat, aroma lembut dan tidak panas untuk bayi.
Bagi indera peraba
Manfaat pijat bayi bagi indera peraba dapat memberikan stimulus kepada otak dengan bantuan syaraf dan otot yang dipijat. Hal ini akan membuat tumbuh kembang fisik dan otak akan baik. Pada penelitian yang dilakukan kepada bayi premature, dengan memberikan pijatan mengalami hasil yang mencengangkan. Terukur berat badan bayi premature yang dipijat naik dua kali lipat daripada bayi yang tak diberikan pijatan. Disisi lain bayi yang dipijat juga aktif dan waspada, membuat orang tua dan bayi pulang ke rumah lebih cepat.

Sumber . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s