Lima Makanan Khas Bulan Puasa Di Indonesia Yang Unik Dan Lezat

Makanan Khas Indonesia

Makanan Khas Indonesia

Kemeriahan bulan puasa semakin terasa dengan hadirnya masakan khas Indonesia yang hanya dapat dijumpai di bulan puasa. Makanan dan minuman khas bulan puasa seperti kolang kaling, kolak, timun suri dan kurma menjadi hidangan utama yang umum untuk disantap saat berbuka. Selain makanan dan minuman tersebut, masih banyak masakan khas Indonesia lainnya yang disajikan sebagai hidangan khas bulan puasa yang tersedia di berbagai penjuru kota di Indonesia.
Diantara beragamnya makanan khas bulan puasa yang ada di Indonesia,berikut ini ada lima makanan khas bulan puasa yang tersedia di kota dimana makanan tersebut berasal, yaitu:
1. Gulai siput. Makanan ini berasal dari Riau dan dapat dinikmati di Tanjung Pinang, kepulauan Riau. Bahan utamanya adalah siput sawah, dimana siput dibuat gulai dan dimasak bersama sayur-sayuran seperti pakis, pucuk daun ubi, daun keladi dan terung asam.
2. Sotong pangkong. Makanan ini dapat ditemukan di sepanjang jalan Merdeka Pontianak yang dijajakan oleh para pedagang kecil. Makanan ini terbuat dari cumi yang dikeringkan lalu dibakar dengan menggunakan arang. setelah dibakar, cumi dipukul dengan palu agar rasanya gurih dan disajikan bersama saus cabe serta cuka sehingga rasanya menjadi lengkap dari mulai manis, asin, pedas dan gurih.
3. Sate susu. Makanan ini selalu dinanti dan diburu oleh warga muslim Bali yang sangat dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama menjalani ibadah puasa. Bahan utamanya berasal dari kantung susu sapi yang diiris kecil-kecil dan diberi bumbu ragi kemudian dibakar diatas tungku perapian.
4. Pakat. Makanan ini berasal dari Sumatera Utara dan hanya dapat dijumpai di kota Medan selama bulan puasa. Bahan utamanya adalah rotan muda yang telah dipotong dengan ukuran 1 meter dan dibakar diatas tungku selama 1 jam. Setelah benar-benar masak, rotan muda tersebut dikupas dan diambil bagian dalamnya yang berwarna putih kemudian dipotong 5 centimeter. Setelah itu, disajikan dengan dibubuhi santan kelapa serundeng agar rasanya bertambah nikmat.
5. Kicak. Berasal dari Yogyakarta yang dibuat dari beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan potongan buah nangka, rasanya gurih dan manis.
Kelima makanan khas bulan puasa diatas hanya sebagian saja dari beragam makanan khas bulan puasa lainnya yang sangat lezat dan tersebar di seluruh penjuru kota di Indonesia, yang tentu saja dengan memiliki keunikan tersendiri.

Sumber . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s